MPASI  

Puree Buah Sebagai Pendamping ASI (MPASI) Untuk Bayi 6 Bulan Pertama

MPASI

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, tentu ibu perlu memberi bayi makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertambah. Sebagai perkenalan, ibu bisa memberi bayi dengan satu jenis makanan sederhana saja yang dihaluskan. Pastikan makanan yang ibu berikan bernutrisi tinggi. Penting untuk mengetahui resep MPASI 6 bulan pertama agar nutrisi bayi terpenuhi sejak awal. Seiring perkembangan tubuhnya yang semakin besar dan kuat, kebutuhan nutrisi bayi pun juga bertambah ketika ia menginjak usia 6 bulan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali ibu yang menantikan agar bayinya segera bisa mengonsumsi makanan sederhana lain selain ASI atau yang biasa disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Pasalnya, saat bayi sudah mulai mendapat MPASI, mereka semakin mengenal banyak rasa dan menerima nutrisi yang bisa jadi lebih beragam ketimbang hanya dari ASI saja. Namun, memilih makanan untuk MPASI tidak bisa sembarangan. Ibu harus memikirkan banyak faktor, mulai dari alergi yang mungkin dimiliki anak, dan kandungan nutrisi di makanan tersebut.

MPASI haruslah terbuat dari makanan yang kaya akan nutrisi penting dan vitamin yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi dan pertumbuhan fisik secara keseluruhan. Untuk bayi yang baru memulai mengonsumsi makanan padat, yang terbaik adalah memberinya satu jenis makanan sederhana yang dihaluskan dengan baik. Ibu bisa mulai memberikan setengah cangkir makanan 2‒3 kali sehari. Hindari juga menambahkan garam, gula, dan madu pada MPASI.

 

Beberapa Resep MPASI Untuk Bayi 6 Bulan Pertama

Berikut ini merupakan beberapa resep MPASI 6 bulan pertama terbaik yang bisa ibu coba:

  • Puree Pisang

Pisang adalah salah satu buah terbaik yang bisa dijadikan makanan bayi 6 bulan, karena teksturnya yang halus dan lembut. Hal ini dapat memudahkan bayi dalam menelan dan mencernanya. Selain itu, kandungan gizi buah pisang juga sangat kaya, yaitu folat, serat, vitamin A, B6, B12, dan kalium.

Bahan: 1 buah pisang matang

Cara membuatnya:

  1. Hancurkan pisang dalam mangkuk lalu saring dengan penyaring puree buah agar mencapai kelembutan yang pas untuk bayi.
  2. Kemudian, campur dengan ASI, susu formula atau air untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan.
  • Puree Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat sehat. Buah berwarna hijau ini kaya akan nutrisi, vitamin dan lemak baik yang bisa membantu perkembangan otak dan pertumbuhan bayi. Selain itu, teksturnya yang lembut juga membuat alpukat mudah dikonsumsi oleh bayi. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, menjadikan alpukat sebagai salah satu buah yang bisa diberikan pada bayi 6 bulan.

Bahan: 1 buah alpukat matang ukurang sedang.

Cara membuatnya:

  1. Hancurkan alpukat matang dengan garpu lalu saring menggunakan penyaring puree buah.
  2. Kemudian campurkan dengan ASI atau susu formula atau air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan, usahakan jangan terlalu kental, agar bayi tidak kesulitan untuk menelan.
  • Puree Apel

Buah apel memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, termasuk vitamin C dan K, serat, kalium, dan berbagai mineral. Ibu dapat menjadikan apel sebagai makanan bayi 6 bulan dengan cara menghaluskan dan menyaringnya, atau mencampurkannya ke bahan makanan lain sebagai penambah cita rasa. Pastikan memilih apel yang manis dan tidak asam.

  • Puree Pir

Pir sudah dapat diberikan pada bayi saat mereka menginjak enam bulan. Buah pir mengandung tinggi kalium, serat dan vitamin C. Buah yang satu ini juga tidak mengandung natrium, kolesterol atau lemak jenuh sehingga baik digunakan sebagai MPASI.

  • Puree Pepaya

Pepaya menjadi salah satu buah yang terkenal dijadikan MPASI sejak bayi menginjak usia enam bulan. Selain mudah didapat dan berharga murah, pepaya memiliki rasa manis dan tekstur yang mudah dicerna oleh anak. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu penyerapan vitamin E, A, zat besi, serta asam folat dari makan. Buah ini juga dapat melancarkan organ pencernaan.

  • Puree Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan sehat sebagai sumber beta karoten tinggi yang dapat membantu tubuh memproduksi vitamin A. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang memiliki antioksidan untuk membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh, serta serat untuk membantu mencegah sembelit. Kamu dapat mengolahnya menjadi bubur susu dengan mengukus kemudian melumatkannya bersama ASI atau susu formula

Bahan: 1 buah ubi jalar berukuran sedang, lalu kupas dan potong-potong.

Cara membuatnya:

  1. Rebus ubi jalar selama 10–15 menit sampai lunak.
  2. Hancurkan ubi dengan garpu lalu saring dengan penyaring puree buah.
  3. Campur dengan ASI, susu formula, atau air untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.

 

Di usia 6 bulan, bayi umumnya sudah bisa dan siap diberikan makanan. Namun, karena kemampuan menelan dan fungsi pencernaannya belum sempurna, makanan yang diberikan harus yang bertekstur lembut, seperti bubur yang disaring atau puree.

Itulah beberapa resep puree buah sebagai MPASI 6 bulan pertama yang bisa ibu berikan pada bayi. Jika bayi tidak mau makan atau mengalami reaksi alergi akibat mengonsumsi MPASI tertentu, jangan panik. Langsung konsultasikan saja dengan bidan atau dokter kepercayaan para ibu.